Cara membuat Company Profile yang menarik

Apa itu Company Profile

Company Profile atau Profil Perusahaan adalah sebuah rangkuman

tentang data sebuah perusahaan atau instansi.Umumnya dibuat

sebagai gambaran presentasi sebuah perusahaan / instansi tentang

asset dan perkembangan bisnisnya. Hal ini ditujukan agar calon

partner atau kiien yakin pada perusahaan atau instansi tersebut.

Sebuah CP (Company Profile) bisa dibaratkan sebagai pencitraan yang

ingin disampaikan perusahaan tersebut. Karena itu, tampilan sebuah

CP amat sangat perlu diperhatikan agar mampu mewakili pesan yang

ingin disampaikan pada kien atau partner, Cipta Grafika telah

berpengalaman membuat company profile banyak perusahaan dan

instansi. Salah satunya, mungkin adalah perusahaan anda. Silahkan

hubungi kami untuk mendapatkan mitra terbaik untuk kebutuhan

cetak anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diikuti saat membuat company profile.

1. Identifikasi tujuan

Banyak bisnis menggunakan profil perusahaan untuk berbagai skenario misalnya untuk dimuat di situs perusahaan, portofolio perdagangan atau rencana investasi. Karena itu ada baiknya sebelum merancang company profile, cobalah identifikasi tujuan dari profil perusahaan tersebut. 


Misalnya jika profil perusahaan dibuat untuk situs resmi perusahaan maka, kamu dapat memposisikan diri sebagai pembaca ketika merancang topik apa yang ingin dijelaskan dalam profil tersebut.


2. Tentukan gaya 

Tentukan tone dan gaya seperti apa yang ingin kamu identifikasikan melalui profil perusahaan. Apakah kamu ingin terlihat unik, atau tetap berpegang pada format tradisional. Apakah kamu suka pemaparan dengan timeline atau format gambar.


Jangan takut mencoba dan berinovasi karena bisa jadi gaya yang kamu inginkan terlihat baru dan inovatif bagi audiens.


3. Ceritakan kisah 

Ketika kamu ingin orang memperhatikan perusahaan kamu, kamu harus dapat merancang kisah yang memikat untuk menarik perhatian mereka. 


4. Uraikan misi 

Tulislah pernyataan menarik mengenai nilai, etos atau niche bisnis kamu. Beritahu apa yang kamu tawarkan dan bagaimana rencana perusahaan untuk tumbuh.Tunjukkan keunikan yang membuat audiens lebih memilih perusahaanmu dibanding pesaing 


5. Perhatikan format 


Pastikan format company profile jelas dan bersih agar tetap terlihat profesional. Gunakan font dan format yang  jugasesuai dengan brand guideline perusahaan. 


Baca juga: 7 Tips membuat tagline perusahaan


6. Tulis sejarah perusahaan dalam urutan kronologis 

Pastikan ulasan sejarah perusahaan dipaparkan sesuai dengan garis waktu. Dengan begitu audiens yang membacanya pun dapat memahami alur dengan lebih mengalir. 


7. Sertakan testimonial 

Testimoni yang baik dapat menambah nilai pada brand. Karena itu carilah testimoni dari klien, atau pelanggan yang bisa kamu cantumkan pada profil perusahaan. 


8. Sertakan informasi kontak 

Tambahkan informasi yang berguna tentang perusahaan seperti alamat, nomor telepon, fax, dan lain-lain. Ini akan sangat berguna terutama dalam kaitannya dengan proses pengiriman dokumen penting ke perusahaan.


9. Tambahkan ajakan 

Beri sentuhan akhir di profil perusahaan dengan memberi ajakan untuk bertindak. Misalnya berupa ajakan untuk mengunjungi situs perusahaan bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang bisnis perusahaan atau mengarahkan pembaca pada nomor contact center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


10. Koreksi penulisan 

Pastikan tidak ada kesalahan penulisan sedikit pun. Perbaharui pula laman profil perusahaan secara rutin agar sejalan dengan perkembangan bisnis kamu.


 Referensi:

https://ciptagrafika.com/company-profile/

https://www.careeraddict.com/write-company-profile

Komentar

Postingan Populer